Ibnu Bohari

Serial TV Yang Wajib Tonton ! (1)

Posted in Hobbies by mibnufajar on 16 October, 2008

1. Alias… Yak..secara ni udah ditayangin di SCTV..udah pada tw dong klo ceritanya tentang Sidney Bristow (Jennifer Garner), mahasiswi yang direkrut oleh SD-6, salah satu divisi dari CIA untuk jadi agen rahasia..Usut punya usut, SD-6 ternyata tidak punya afiliasi apapun dengan CIA, malah SD-6 adalah bagian dari organisasi kriminal yang menjadi incaran CIA. Setelah mengetahui ini, Sidney menjadi double agent untuk SD-6 dan CIA demi menghancurkan SD-6 yang ternyata telah membunuh tunangannya.

Serial ini wajib tonton karena : Agedannya yang seru dan menegangkan, peralatan-peralatan canggih dan penyamaran yang super keren, serasa nonton cerita James Bond baru tiap minggu. The only thing better is..klo cerita James Bond gampang ditebak, Alias banyak banget twist dan kejutannya. Seru!

2. Heroes…Duh, ini semua orang pasti udah tayu..Ceritanya tentang sekelompok manusia yang punya kemampuan super dan saling bertarung untuk kepentingan masing-masing..Serial ini masih berjalan, baru 3 season dari 5 season yang direncanakan..

Serial ini wajib tonton karena : Twist yang sering terjadi di masing-masing episode..Banyak banget misteri yang terungkap, yang membawa misteri baru yang membuat penasaran..Tokoh-tokoh di serial ini termasuk lumayan banyak, meskipun agak sulit mengingat semua..But the more superpowers, the more interesting it will be..

3. Greek..Ini serial remaja yang mengisahkan kehidupan mahasiswa fraternity-sorority di Cyprus-Rhode College..Fokus ceritanya adalah pada dua orang kakak beradik yang berbeda, sang kakak adalah cewek popular (but the nice one), sang adik adalah some-smart-geek dan keduanya terlibat dalam kehidupan persaingan antar fraternity-sorority di kampus mereka.

Serial ini wajib tonton karena : Ceritanya cukup sederhana dan real..Tidak seperti Gossip Girl dan The OC yang penuh konflik and everyone seems to jump on each other..Serial ini juga punya banyak dialog lucu..It’s a great show to watch..

If I Were A Boy

Posted in Hobbies by mibnufajar on 15 October, 2008

Gw tidak sedang membicarakan keinginan gw buat ganti kelamin ato apa..I was(were?) a boy..Now a man, hehe..

Gw sedang membicarakan heavy rotation terbaru gw..Beyonce РIf I were a boy..Ga biasanya gw suka lagu Beyonce, selain Irreplaceable yah..dan mungkin Listen (yang mungkin sedikit terpengaruh asumsi gw bahwa  andifajar juga suka lagu ini)..

Yah, pokoknya gw lagi ga begitu suka genre lagu RnB plus teriak-teriaknya Beyonce, tapi lirik lagu ini entah kenapa ngena sekali di hati..

Liriknya menggambarkan perasaan yg pasti dimiliki semua orang egois : perasaan ingin dimengerti,hehe..

Enggaklah..Kayaknya semua orang ingin dimengerti..tapi cuman sebagian aja yang ingin dimengerti sekaligus ngerti perasaan orang lain..

Tapi, sebenarnya yang pengen gw bahas disini adalah : Kog orang-orang yg gw promosiin lagu ini gada yang suka?

Berikut orang2 yg gw suruh dengar berikut reaksi mereka :

– Jobee : Abis denger dy cuma bilang “Gw msh blum suka ma ni lagu..Mungkin perlu didenger lagi” (kira2 seperti itu)

– Andifajar : Abis denger cuman diam tanpa komentar..Tapi kayaknya dy bosen dengernya, soalnya beberapa detik sebelum lagunya abis dy ngomong “Lagunya kog ga abis2..”

– Okitya : Selain lagu Beyonce, gw jg ngasih lagu Michelle Williams, Duffy, dsb dan komentarnya adalah “kog kyk lagu Pop yah?” Trus dy bilang lagunya susah dicerna, enakan lagunya Michelle (padahal dy blg lagunya Michelle kykny gtu2 aja)..

– Ren Adam : Abis gw suruh denger, komentarnya adalah “Eh trnyata..Beyonce is so beyond my expectation…ga nendang…aneh malah”

– Wawusband : Ini malah blum didengerin soalnya Wawu lagi addict banget sama “Coldplay – Viva La Vida” and its bible/armageddon interpretations thing..

Subprime Mortgage

Posted in Peep Talk by mibnufajar on 14 October, 2008

Ini nih headline baru di koran2 seluruh dunia..

Awalnya sih gw cuwek-cuwek ajah, tapi setelah Lehman Brothers bangkrut (meskipun gw ga punya saham disana), gw jadi peduli juga..Soalnya katanya kebangkrutannya Lehman merupakan kebangkrutan terbesar di dunia, yang pada saat bangkrut asetnya bernilai sekitar US$ 600 milyar..Lebih bangkrut dari Enron, lebih bangkrut dari WorldCom..

Jadih, gw langsung searching-searching, apaan sih subprime mortgage..Jadih, di Amerika..orang kalo mw mengajukan kredit, sebelumnya harus dinilai dulu, dengan sistem rating..orang yang dianggap sanggup buat bayar kredit, ratingnya namanya “prime”..nah, yang kemampuannya masih kurang berarti dy masuk kategori “subprime”…Jadih subprime mortgage adalah KPR (mortgage) yang diberikan kepada orang2 yang kemampuan membayarnya agak meragukan..kurang lebih seperti itu..

Trus kenapa bisa bisa krisis? Soalnya..di Amerika sana, selama satu dekade terakhir harga properti naik terus (disini juga sihh)..Karena itu para pengembang properti bangun rumah banyak2 biar untungnya semakin banyak..dan orang-orang subprime terdorong juga buat ber-KPR ria, sebab ntar rumahnya bisa dijual kembali dengan harga tinggi..karena itu juga, bank-bank dengan mudahnya ngasih KPR ke orang-orang subprime, karena ini adalah kesempatan mendapatkan bunga dari pasar yang sedang bertumbuh pesat.

Sampai pasar properti sampai pada titik jenuh, terlalu banyak penawaran, terlalu sedikit permintaan..(Semua orang udah punya rumah gitu lohh..)..Harga rumah jadi jatuh..Ini terutama dirasakan oleh orang-orang subprime, yang sebenarnya membeli rumah sekalian investasi..

Sistem bunga dan insentif perumahan di Amerika membuat bunga cicilan rumah pada tahun-tahun pertama cukup rendah, namun terus-menerus menanjak di hingga akhir..Nah, orang-orang subprime yg sebenarnya berniat menjual rumah beserta kredit ke orang lain pada saat bunganya telah menanjak tidak bisa melakukannya, secara harga rumah sedang jatuh dan investasi properti tidak lagi semenarik dulu..Akibatnya, mereka default (gagal bayar)..Rumah pun disita..

Akibat lainnya, Nilai utang KPR bisa lebih tinggi dari nilai rumah yang dibeli (yang sekaligus sebagai jaminan)..Jadinya, buat orang-orang yang tidak mau susah, mending ngelepas rumah itu ke bank daripada harus melunasi utang..Rumah pun disita..

Bank akhirnya gak dapat aliran kas yang cukup buat membiayai operasional dan utang-utangnya..Mereka cuma mendapatkan rumah-rumah hasil sitaan yang nilai semakin turun dan tidak bisa dijual..

Sebagian dari bank-bank itu pasti akan bangkrut seperti Washington Mutual, seandainya tidak ada bank investasi seperti Lehman Brothers dan Bear Stern..Bentuk bisnis bank-bank investasi ini adalah jual-beli uang..dengan penghasilan berupa bunga..Jadi bank-bank tadi menjaminkan rumah-rumah kreditan (sebelum industri properti kolaps tentunya..) untuk memperoleh uang segar, dengan syarat bahwa jika bank tidak sanggup membayar, hak atas rumah-rumah kreditan tadi beserta penagihannya menjadi milik bank investasi..

Of course we know the end..bank yang mengalami masalah aliran kas tentu tidak sanggup membayar utangnya ke Bank Investasi, jadinya Bank Investasi-lah yang mendapatkan rumah-rumah sitaan tadi, beserta 1001 masalah finansial di belakangnya..Bank-bank investasi tadi ikut menaglami masalah aliran kas, dan akhirnya kolaps..

Kadang-kadang, oleh satu bank investasi, rumah-rumah dijaminkan ke bank investasi yang lain lagi..Yang akhirnya menciptakan efek domino..If one goes down, everyone goes down..