Ibnu Bohari

Sugar, Oh.. Honey, Honey..

Posted in Blackberry, PC Doctor by mibnufajar on 3 December, 2009

How you ever been in this situation ?

You got plenty of work from your office that you’d like to finish at home, but as you arrive from work, you open your laptop and you realize that there’s  one tiny little file on your office PC that you forgot to copy and without it you can’t continue your work. Or maybe, you’re not the working kind of guy, but you download that illegal mp3s whenever you had a chance, either at work, at home, at bus, whenever. So your music collection we’re scattered on your laptop, PC, iPod, phone, blah3. And just about when you’re really in the mood for that catchy Lady GaGa song, you realize that it isn’t on your phone. It’s stored on your PC at work. That sucks. It happens to me all the time. Sometimes I downloaded a song twice just because I want to hear it badly.

Now, worry no more dear, cos SugarSync is coming into town. SugarSync is one of the many file synchronization manager which its main duty is, well, synchronize file across many PCs, laptops and smartphones you have.

It works over the internet of course, and stores your data on the cloud –not literally—so all your files will be available whenever and wherever you want to access it.

Ok. Sounds cool. How do I do it ?

First, you have to have a SugarSync account. It’s free for a 2GB storage, but you must pay for a storage bigger than that. Access http://www.sugarsync.com

Next, you must download and install SugarSync Manager on every PC, Laptop and Smartphone that you’d like to synchronize. For Smartphones, it support Blackberry, iPhone and probably WiMo phone. I’m sure Android support willl come along soon.

Then, put your file that you’d like to synchronize on folder called Magic Briefcase on you’re My Documents folder.

And Tadaaaaaaaa… The folder and its content will be available on all the computer that has SugarSync Manager installed. Everytime you make a change on one computer, the change will be reflected on all computer connected.

Tampilan SugarSync di Windows Explorer

One good thing about SugarSync is that its blended well with your windows explorer. So it feels like you’re working with a normal file on a normal folder. The only difference is that the icon has a little notification on the down left, green means the file is up-to-date, yellow means its still synchronizing.

I highly recommended this program. It increases your productivity.

(Probably the narratives I’ve written didn’t excite you to use SugarSync, but trust me. Its not because the program, its my writing skills.)

Tagged with:

RSS Reader.. What the hell is that ???

Posted in PC Doctor by mibnufajar on 19 October, 2009

Pasti banyak diantara kalian, setengah Geek, orang-orang yang rada2 pinter IT (tapi gak pinter2 banget)  ato yang gak ngerti IT tapi gila browsing, mendengar yang namanya RSS. Ato paling enggak ngeliat logo kayak gini di website yang sering kalian kunjungi :

RSS Feed

RSS Feed

Nah, logo apakah itu ? It’s called RSS. Singkatan dari Really Simple Syndication ato sering juga disebut Rich Site Summary. Does it mean anything to you ? Nope ? Me too.

Gunanya buat apa ? Here’s a little story,

Bapak2 dan Ibu2 yang pinter2 di Amerika dan Eropa sana, membuat semacam format buat situs2 yg infonya sering di-update (situs2 berita, blog, dll), agar dapat dibaca dengan lebih mudah. terciptalah RSS ini. Misalkan, gw. Tiap pagi, sebelum mulai kerja, gw biasanya ngecek situs2 berikut ini:

– Blackberry Geeks

– Design Milk

– Mac Rumors

– Cracked

– Geek.com

– Creative Disc

– Musicistheheartofoursoul.com

– Weburbanist

– Kompas

– Facebook

Itu baru sebagian, belom lagi blog2 humor (ngupingjakarta !) kalo lagi suntuk, blog2 temen gw, situs2 tips2 Photoshop, blog2 fashion, gossip girl blog, buanyaaakkkk lah pokoknya, situs yg biasa gw kunjungi.

Nah, di jaman purbakala, apa yang kita lakukan ? kita buka situsnya satu2. Buka ini dulu (trus nunggu loading…zzz…), trus abis itu buka yg laen.. belom lagi kalo ternyata gak ada update-an (ngupingjakarta ! I’m talking to you !), It takes time, temans… Makanya mereka menemukan yang namanya RSS. Biar semua isi dari website itu ditarik ke satu tempat. Jadi kita tinggal buka satu website, nanti isi dari semua blog tadi bisa dibaca dari situ. Nah, begitulah RSS. Enak kan ?

Untuk baca RSS, kita harus punya RSS Reader (dari namanya aja udah ketebak kan, fungsinya apa.. Buat baca RSS). Ada My Yahoo!, RSSGator, Google Reader, NetVibes, dsb..

RSS Reader kayak gimana sih ? Nih, gw kasih screen capture RSS Reader gw (Gw pake Google Reader) :

Google Reader

Google Reader

Nah, liat di sebelah kiri (kebaca kan ? gw upload-nya gak kekecilan kan ? IYA KAN ??!! )

Subscriptions itu list blog/situs yg udah kita daftarin (klo gak punya situs2 favorit, Google nyediain situs2 populer yang udah dikelompokin ( mis: Astronomy, Cooking, Movies, etc), jadi kita tinggal subscribe aja).

Kalo misalnya ada update-an baru, nama blog-nya akan ditebalkan (yg di dalam kurung berarti jumlah post yg belum dibaca). Tinggal klik and voila, you can read them right there.

NAH ! FIRST THING FIRST.

Apa yang harus kita lakukan jika ingin membaca update-an via RSS ? Here’s the step :

1. Tentukan mau menggunakan RSS Reader apa. Gw sih pake Google Reader. Gw cinta Google. Klo Google ngeluarin merek underwear, gw pasti beli. Kalian juga yah.

2. Subscribe di reader itu (contohnya pake Google Reader yak). Buka http://reader.google.com, login pake akun google ato bikin klo belum punya ( Hah ?!! Ada ya orang di dunia ini yg belum punya akun Google ??)

3. Ikuti instruksi selanjutnya, sampe selesei.

4. Daftarkan situs2/blog yg sering lu kunjungi. Ada dua cara (sebenarnya lebih sih, tapi agak sedikit ribet) :

  • Di situs yang biasa lu kunjungi klik icon RSS (kayak di atas) ato kata2 yg mengandung kata “Subscribe” ato kata  “Feed”, pokoknya di klik aja. Nanti akan tampil halaman untuk memilih dirimu menggunakan reader apa, pilih Google Reader tentunya (hidup Google!!), nanti di-redirect ke halaman Google Reader, klik tombol “Subscribe”
  • Dari Google Reader, klik tombol “Add Subscription” di sebelah kiri atas. Masukkan alamat situs/blog-nya. (Tapi cara ini kadang ga berhasil)

5. Sudahhhh… Selamat menikmati.

Oh ya, satu kekurangan RSS Reader ini adalah jika tulisan tersebut menyediakan tempat untuk komentar, maka komentar-nya tidak ikut ditarik, jadi jika pengen baca update komentar-nya, harus buka web yg sebenarnya (atau daftar RSS Comment… well, that’s another thing)

Primera’s PC Doctor 1 : Windows Genuine Vaildation

Posted in PC Doctor by mibnufajar on 27 May, 2009

Yay, its me. As The Doctor for your PC.

Jadi, akhir2 ini gw sering banget dimintai tolong buat masalah yang satu ini :

dipojok kanan bawah laptop bapak2  dan ibu2 sekalian, tiba2 muncul peringatan :

YOU MIGHT BE A VICTIM OF SOFTWARE COUNTERFEITING. THIS COPY OF WINDOWS DID NOT PASS GENUINE WINDOWS VALIDATION

Dong..dong..dong.. What is happening ??

:: Where ??

Software / All Kind of Windows XP

:: Why ??????

Windows yang bapak2 dan ibu2 sekalian instal adalah Windows bajakan. Sebenarnya, pesan ini ga bakalan muncul seandainya bapak2 dan ibu2 sekalian tidak terkoneksi ke internet dan mengaktifkan fitur Automatic Update.

Pada saat kita mengaktifkan Automatic Update dan terkoneksi ke internet, Windows akan berusaha menverifikasi apakah windows yang kita miliki merupakan windows yang asli sebelum melakukan update. Dan secara windows-nya bajakan, tentu sajjah pesan2 dari Windows bahwa kta adalah korban pemalsuan software bakalan muncul dimana2 (yeah, rite..)

:: What do they do ??

Ya, sebenarnya Windows Genuine Validation ini ga membuat masalah besar. Hanya saja, it’s so annoying karena dy muncul dimana2..

Belom lagi klo komputernya dipake buat presentasi ke klien trus tiba2 muncul pesan2 tadi.. Waduh, ketahuan deh pake Windows XP Mangga Dua Edition

:: Now what ?

Untuk memusnahkan masalahnya, pertama2 yang harus kta lakukan adalah menonaktifkan Windows Automatic Update. Here’s how :

1). Buka Control Panel

2).Buka Automatic Update (atau dalam Category View : Security Center / Automatic Update)

3). Pilih Turn Off Automatic Update

4). Klik OK

5). Done

Langkah berikutnya adalah menghilangkan those annoying-message. untuk itu, kta membutuhkan program bernama Autoruns. Download disini. Langkah berikutnya :

1). Jalankan program autoruns.exe-nya

2). Klik tab WinLogon

3). Hilangkan centang pada proses bernama Wgalogon

4). Just as simple as that. Coba reboot. It should be gone.

And yes, glad I can help.