Ibnu Bohari

Wikileaks. Simplified.

Posted in Peep Talk by mibnufajar on 23 December, 2010

–Apa itu Wikileaks ?

Wikileaks adalah sebuah website dan organisasi non-profit yang menampung dan menampilkan dokumen2 rahasia dari pemerintah dan korporasi di seluruh dunia.

–Dokumen seperti apa saja?

Banyaaaaaaakkk, misalnya : video tentara Amerika yang membantai warga sipil Afganistan, pembuangan limbah di Afrika, perusahaan farmasi yang menekan WHO, Dokumen 9/11, dan sebagainyaa…

–Apa yang membuat Wikileaks menjadi topik hangat saat ini ?

Karena bocornya kawat diplomatik Amerika Serikat, mulai dari tahun 1966 sampai 2010. Dokumennya berjumlah 251.827. Kawat ini memuat banyak sekali rahasia negara dan merupakan kebocoran dokumen terbesar yang pernah dipublikasikan oleh Wikileaks. Bahkan kebocoran dokumen paling besar yg pernah ada, for that matter.

–Oke, oke.. Apa itu kawat diplomatik ?

Kawat diplomatik itu.. Seperti milis, untuk keperluan komunikasi antara kedutaan besar dan konsulat jenderal AS di luar negeri ke Washington dan sebaliknya. Hanya orang2 dengan hak akses tertentu saja yang bisa membaca kawat tersebut.

–Kok bisa bocor ?

Oleh salah satu tentara Amerika sendiri, people. namanya Bradley Manning. Dia mengakses salah satu komputer dari tempat dia bertugas di Irak, ngunduh data dari server, dibakar ke CD Lady Gaga, people. lalu dikirim ke Wikileaks.

Sekarang Mr. Bradley Manning ditahan oleh AS.

–Terus2, apa saja isinya ?

Banyaaaaaaakkkk, saking banyaknya, si Wikileaks ngeluarin dokumen2nya sedikit demi sedikit.. Wikileaks mem-publish sekitar 80 dokumen/hari. Kalau mau baca selengkapnya, buka aja website Wikileaks di atas. Tapi untuk topik yang penting2, misalnya :

1. Amerika Serikat memerintahkan diplomat2nya untuk memata-matai Sekjen dan Pejabat PBB lainnya. Dan perlu pembaca yang budiman (halah) ketahui, ini pelanggaran serius terhadap peraturan PBB. Tapi, saking powerful-nya Amerika, tidak ada yang bertindak.

2. Rusia mempertimbangkan untuk menyerang Polandia, tapi Amerika dan negara2 NATO memihak Polandia

3. Terdapat daftar infrastruktur-infrastruktur yang apabila diserang oleh teroris, dapat mengganggu keamanan nasional Amerika Serikat. (ini leak yang paling parah, karena ngasih teroris daftar tempat untuk diserang). Untung pihak Wikileaks sudah menyensor nama tempat dan data sensitif laen sebelum dipublikasikan,

4. Amerika selalu ngomong2 tentang demokratis dan liberalisme, tp sebenarnya mereka mendukung diktator lohhh.. terutama di Asia Tengah. Kenapa ? Katanya “Lebih gampang bernegosiasi dengan diktator dibanding parlemen”. Dukungan ini termasuk ngasih puluhan juta dolar dari kas negara untuk mendukung mereka.

5. CIA merencanakan kudeta pada presiden Kyrgyzstan, Askar Akayev pada masa pemerintahan dan atas perintah George W. Bush.

6. China diam2 berusaha mensabotase jaringan komputer negara2 barat. Salah satu contohnya adalah hacking terhadap Google awal 2010 kemaren.

7. Negara2 Arab TIDAK suka dengan Iran, terutama Presidennya. Mereka mendesak Amerika Serikat untuk menghancurkan fasilitas Nuklir-nya Mr. Ahmadinejad.

8. Pangeran2 Saudi Arabia minus2 kelakuannya.. party, mabuk2an, seks bebas, yah begitulahh..

9.Vatikan tidak menyetujui Turki masuk ke dalam Uni Eropa karena jumlah warga muslimnya. Dan secara umum, ada sentimen negatif atas meningkatnya jumlah warga muslim di negara2 barat.

Wahh, banyak yahh.. ini cuman summary aja loh. Dan hanya sebagian kecil dari 251 ribuan dokumen yang ada.

–Terus2 apalagi yang menarik dari dokumen itu ?

1. Sudah jadi rahasia umum sebenarnya, tapi korporasi2 Amerika Serikat itu powerful sekali. Contohnya, Ada kawat dari petinggi Shell yang bilang mereka punya “orang2” di Kementerian, atau kawat tentang Pfizer yang memeras Jaksa Agung Nigeria supaya berhenti menginvestigasi praktik percobaan obat, yang membunuh anak2 Nigeria.

2. Diplomat2 ini suka mengomentari pemimpin2 dunia dan ada beberapa yang lucu-lucu. Misalnya Istri presiden Azerbaijan yang katanya ekspresi wajahnya terbatas karena keseringan operasi plastik. Angela Merkel (Kanselir Jerman) dipanggil Teflon, karena kalo dikritik nggak pernah nempel. Jan Peter Balkenende (Perdana Menteri Belanda) disebut mirip Harry Potter.

–Waw, okay. Thanks. Terus, bagaimana reaksi Amerika Serikat ?

Sangat-sangat kelabakan dan marah. Editor in Chief-nya Wikileaks, Julian Assange sekarang lagi kena kasus pelecehan seksual di Swedia dan dipersulit kehidupannya. (timing-nya pas banget ya, tadaaa…)

Hampir semua perusahaan Amerika dan Eropa menolak untuk me-hosting server Wikileaks (nyediain infrastruktur supaya website tersebut tetap jalan).

Paypal, MasterCard dan Visa menutup account yang terkait dengan Wikileaks.

Intinya, segala sesuatu yang berkaitan dengan Wikileaks bisa dibilang diperlakukan layaknya teroris. Untungnya identitas orang-orang dibalik Wikileaks tertutup rapat. Hanya Mr. Assange saja sebagai spokesperson-nya yang tampil di publik

Padahal pembaca yang budiman, Wikileaks pada dasarnya tidak melanggar peraturan apapun loh di AS. Mereka hanya mempublikasikan dokumen2 itu, dan berdasarkan hukum disana, yang bersalah hanya Bradley Manning si pencuri dokumen. Tapi teteup ya, semua perusahaan di atas kalah sama tekanan pemerintah.

–Terus, adakah pihak yang mendukung mereka ?

Ada dong. Pertama, Australia. Soalnya Julian Assange itu berkebangsaan Australia, jadi point of view mereka sedikit banyak terpengaruh kali ya. Pada dasarnya mereka bilang, “Amerika harusnya lebih fokus mengeksekusi pencuri dokumennya, bukan Wikileaks”.

Kedua, koran-koran terkemuka di dunia. The New York Times (Amerika Serikat) , The Guardian (Inggris), El País (Spanyol), Der Spiegel (Jerman) dan Le Monde (Prancis) punya akses ke kawat-kawat diplomatik tadi dan mereka tetap mempublikasikan berita-berita terkait kawat itu (meski sebagian ada dalam tekanan dari pemerintah masing-masing).

Hacker, yang menamakan diri mereka hacktivist. Gara2 menutup account Wikileaks, situs  Paypal, Mastercard dan Visa sempat down gara2 diserang hacker.

Dan terakhirrr,  pihak-pihak yang mendukung kebebasan informasi tentunya.

–Terakhir, Mungkin gak sih ini cuma konspirasi Amerika Serikat saja untuk menguntungkan mereka ?

Mmmm.. I don’t think so. Secara banyak banget rahasia bocor yang merugikan Amerika, seperti praktik memata-matai Sekjen PBB atau daftar infrastruktur penting bagi keamanan Amerika Serikat. But feel free to construct your own conspiracy theory.

Kasus Wikileaks masih berlanjut, so let’s see how it goes… Tapi menurut gw, apapun usaha Amerika untuk menyembunyikan dokumen itu bakal sia-sia. Once it become available on the internet, it will stay available for good.

Advertisements
Tagged with:

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. mutia said, on 23 December, 2010 at 6:05 pm

    nunggu difilmin Hollywood. Kira-kira judulnya apa ya?
    dan siapakah yang akan memerankan Assange? 😀

    • mibnufajar said, on 27 December, 2010 at 12:06 pm

      Judulnya :
      1. Cablegate
      2. The Leaks (Seperti judul film horor)
      3. The Diplomatic Affair
      4. Wikileaks (D’oh..)
      5. Enemy of the State II (Tagline-nya : Totally unrelated sequel. But based on true story)
      6. Julian Assange and The Cables of U.S. Diplomats (cameo by Emma Watson)

      But personally I want it to be titled “Shut Up”. Dan ceritanya fokus tentang gimana Pemerintah Amerika berusaha menutupi kebusukannya (hadeuh, sok idealis)

      Julian Assange diperankan oleh Christine Hakim, hehehe…
      (Hope you understand the reference)

      Hmm, I don’t really like Leonardo Di Caprio, but i think he’s totally fit for the role.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: