Ibnu Bohari

Blackberry Curve 8900 (Javelin) : One Week Review

Posted in Blackberry, Stuff Around Me by mibnufajar on 29 June, 2009

Okeh. Jadi gw adalah salah satu korban kapitalisme-konsumerisme-gak tahan liat saldo banyak ditabungan-latah-neo liberalisme-bla3. Gw pengen punya Blackberry, like everyone did.

Jadinya mulailah gw searching2.. Blackberry apa yang cocok dengan gw.. Yang jelas pilihannya hanya tiga : Bold, Javelin, atau Storm. Kenapa ? Karena motivasi beli gw 70% adalah buat gaya.. Masa mw gaya tapi gayanya pake Curve 83XX ?? No Can Do. Harus keluaran terbaru.

Storm ? Coret. Pake Touchscreen. Ga berasa Blackberry-nya. Blackberry is QWERTY (or QWERTZ for East Europe, for all i care..). Kalo mw touchscreen, beli iPhone 3Gs

Bold? Most likely, tapi its way tooooooo expensive. Given its poor camera and battery life comparing to Javelin. My friend says it barely hang on one full day. And its bulky

Javelin ? Just perrrrfect, except for its lack of 3G (which i don’t miss a lot, since its already kind of fast..)

So i bought Javelin.

Dan setelah menggunakannya selama seminggu, here’s my review :

Harga, Rp 5.950.000, beli di Global Teleshop Semanggi. Bundling dengan Telkomsel. Kalo mw lebih murah dan rada terjamin, Rp 4.800.000 di Bhinneka.com.  Atau Rp4.500.000 di toko2 di Roxy. Bedanya apa ? Garansi. Kalo yang bundling operator, di garansi 1 tahun oleh operator. Beli di tempat lain ? garansi 3 bulan oleh distributor.

Perbedaan harga yang sangat mencolok pasti bikin smua orang tergiur, termasuk gw juga. Tapi klo yang dah punya Blackberry ato yg mw beli Blackberry, pasti tau dong kalo Blackberry itu punya yang namanya PIN. PIN adalah identitas dari handset Blackberry itu. Dan satu PIN hanya untuk satu Blackberry. Nah, sekarang itu lagi gencar2nya yang namanya cloning PIN, jadi pedagang2 licik yang cuma mw nyari untung, nyari handset Blackberry bekas, diperbaharui kemudian diisikan dengan PIN palsu. Nah yang kayak gini, sanagt2 berbahaya untuk kelangsungan hidup handset Blackberry itu, soalnya, RIM (Research in Motion, perusahaan yang memproduksi Blackberry) dapat mendeteksi jika sebuah PIN digunakan oleh dua buah handset secara bersamaan. Dan akhirnya ? PIN di-suspend, Handset itu tidak bisa digunakan untuk layanan Blackberry (tapi buat nelepon dan sms masih bisa)

Nah, makanya, jangan beli Blackberry sembarangan.. biar ga kena suspend. Tapi dua temen gw, belinya di non-operator, dan masih baik2 saja, jadi klo pun gak mw beli yang dari operator, belinya di tempat yang dah terpercaya, jangan deh ampe ke Roxy, kayaknya dsana banyakan penipu-nya tuh..  Malah ada satu yang dah terkenal penipu di milis2, Toko Aloha (pemiliknya namanya Sugi Tan) just sharing info.. jadi Waspadalah.

Trus masalah setting, ternyata gampang bangget.. tapi gw cuma tau yang BB Telkomsel yak.. jadi tinggal isi pulsa 180.000 (kcuali yang punya Kartu Halo). ketik BB REGkirim ke 333, lakukan konfirmasi and voila, lu dah bisa browsing, push mail (didafterin dulu email yang mw di-push ke telkomsel.blackberry.com) dan seterusnya..

Trus2, balik lagi ke Review-nya, ini dia kesan2 gw :

1. Bentuknya sungguh indahhhhhh….

2. Layarnya terang dan bagus banget, meskipun hanya 65.00 warna, best screen i’ve seen so far in a mobile phone.

3. Speakernya payah.. Ringtone-nya jelek2 pula (Klo Bold katanya jauh-jauh lebih baik)

4.  Kamera, resolusi 3.2 mpix dengan flash dan auto fokus yang beda ( biasanya kan ato fokus tuh : kita jepret setengah, stelah dapet fokus, baru pencet penuh. Nah ini beda, kita langsung pencet penuh, ntar kamera langsung fokus ke bagian tengah dan jadi deh, lebih simpel tapi kita gak bisa milih fokus, jadi objek harus berada ditengah). Hasil jepretannya juga oke banget. Ngalah2in Viewty gw yg 5 mpix…

5. Push Email : The best ever.. Sangat keren. Cepat. Real time. Bahkan email bpk.go.id yang gak bisa gw POP3 itu akhirnya bisa gw push ke hape gw. Banyak orang yang bilang, sekarang kan dah banyak HP yang bisa push mail, bahkan hape Java biasapun bisa diinstalin program2 push mail biar bisa kayak Blackberry. I tell you now : it’s different. Kenapa ? Buat  henpon yang gak native mendukung push mail sehingga harus diinstalasi program push mail macam Seven, harus menjalankan aplikasi itu terus menerus biar bisa dipush.. Udah gitu, karena program itu dibangun utk banyak handset, jadinya gak nyaman interfacenya, lambat, dan berbagai macam kelemahan lainnya

Hape yang sudah mendukung push mail, tapi bukan Blackberry memang bisa lebih nyaman interface-nya, tapi its so damn slow dibandinkan Blackberry karena Blackberry punya sistem kompresi sendiri sehingga email berukuran 1 MB bisa dikompresi hingga menjadi 10 kb.. kemudian meskipun dijejali ribuan email, sistemnya tetap lancar-car-car gak nge-hang.. Coba bayangin Nokia Symbian lo dijejali 1000 inbox, ouch, cabe deh…super duper lelet..

6. Ada fitur search.. jadi mw nyari mail, contact, sms dsb bisa disearch ajah.. Ini juga salah satu kelebihannya dibanding hape2 push mail biasa..

7. Contact-nya sangat2 ekstensif, bisa diconnect ke Facebook (utk mendownload foto dari facebook), Google Talk, Yahoo Messenger, dsb..

8. Sistemnya terintegrasi dgn Facebook banget. Jadi abis ngambil foto, bisa langsung di-tag dulu sebelum diupload.

9. Aplikasi yang tersedia buat Blackberry sangat sedikit dan terbatas, dah gitu kebanyakan berbayar pula, malas bangettt..

10. Batre-nya booooroooosssss, 1360 mAH bertahan hanya setengah hari.. Tapi itu wajar, utk 2-3 hari pertama pemakaian (masih bru gtu lohh). Sekarang sih batre gw bertahan skitar 1 hari.

11. QWERTY cukup nyaman meskipun kadang kelingking gw pegel..

12. Music Player-nya keren..keren..keren..

13. Gw doyan banget dengan Hape ber-font kecil, dan tulisan hape ini bisa diset mpe font size 7, Love it.. Small is beautiful..

14. Online 24 Jam. Gw Wikipedia freak. Semua hal harus gw search di Wikipedia. or Google. Jadi bisa always online is such a bless

15. Blackberry browser-nya oke. lumayan cepet dan bisa merender http://www.facebook.com, bisa buka web banking-nya BNI juga.

16. Email slalu dateng, and its kinda annoying. Tiap lima menit, tiap nengok hape, pasti selalu ada email baru, notifikasi facebook baru,chat baru.. males juga lama2..

17. Twitter + Blackberry is such a perfect combination. Once you had something in your mind, tweet it !

18.  I just love it.